Materi Kuliah - Produktivitas dan sektor Jasa

Tantangan untuk melakukan produktivitas

Produktivitas adalah perbandingan antara output (barang dan jasa) dibagi dengan input (sumberdaya : tenaga kerja, modal, manajemen). Peningkatan produktivitas dapat dicapai dengan dua cara, yaitu :
1. Pengurangan input dengan tetap menjaga output konstan
2. Peningkatan output dengan tetap menjaga input konstan.


Proses pembuatan barang dan jasa me-merlukan transformasi sumberdaya men-jadi barang dan jasa. Semakin efisien kita melakukan perubahan ini kita menjadi semakin produktif dan nilai yg ditambah-kan pada barang dan jasa yg dihasilkan menjadi lebih efisien.


Kegiatan Operasi dalam Sektor Jasa

Ciri – ciri barang (Produk Nyata)
Ciri-ciri Jasa (Produk Tidak Nyata)
Barang dapat dijual kembali
Penjualan kembali tidak bisa dilakukan
Barang dapat dijadikan persediaan
Banyak jasa tidak dapat disimpan
Beberapa aspek kualitas dapat diukur
Banyak aspek kualitasnya susit diukur
Penjualan berbeda dari produksi
Penjualan biasanya merupakan bagian dari jasa
Barang dapat di pindahkan
Penyedia jasa bukan jasa biasanya dapat berpindah
Lokasi fasilitas sangat memengaruhi biaya
Lokasi fasillitas penting untuk hubungan dengan pelanggan
Mudah di produksi secara otomatis
Jasa biasanya sulit di produksi secara otomatis
Pengasilannya adalah dari barang nyata
Penghasilannya dari jasa tidak nyata

Tantangan untuk Meningkatkan Produktivitas

Pengukuran Produktivitas
beberapa masalah dari pemgukuran produktivitas yaitu :
1. mutu dapat berubah sementar jumlah masukan (input) dan keluaran (output) tetap sama
2. elemen eksternal dapat menyebabkan penambahan atau penurunan dalam produktivitas dimana sistem yang sedang dipelajari tidak dapat bertanggung jawab langsung
3. ukuran unit yang pasti dipakai mungkin tidak ada
Variabel Produktivitas
rata-rata kenaikan produktivitas sebesar 2,5% per tahun di Amerika Serikat tergantung dari 3 variabel produktivitas
tenaga kerja 0,5%
modal 0,4%
manajemen 1,6%
Produktivitas dan Sektor Jasa
produktivitas dari sektor jasa telah terbukti sulit berkembang karena pekerjaan dari sektor jasa adalah :
1. tenaga kerja biasa - rutin
2. sering kali seseorang dibentuk
3. sering kali tugas intelektual dilakukan oleh para profesional
4. sering kali sulit untuk di mekanisasi atau diotomatisasi
5. sering kali untuk dievaluasi mutunya